27 Feb 2015

Filled Under:
Bisnis Warnet Berawal dari Hobi Nge-Net



Pendahuluan

Bisnis warnet merupakan salah satu bisnis yang masih memiliki prospek cukup baik, apabila seiring dengan semakin murahnya tarif yang diberikan oleh operator atau Internet Service Provider (ISP). Pada prakteknya bisnis warnet bisa menjadi salah satu solusi bagi orang yang menginginkan sumber pendapatan tetap tanpa harus menjadi pegawai kantor. Modal untuk membuat sebuah warnet adalah salah satu yang menjadi kendala bagi kalangan pengusaha. Namun kini masalah tersebut bisa dipecahkan dengan adanya berbagai kemudahan memperoleh program kredit yang diberikan oleh bank kepada para pengusaha UKM.
Ada pun peluang warnet sendiri dalam beberapa tahun ke depan masih memiliki peluang usaha yang cukup baik. Bisnis warnet pada intinya adalah proses pemanfaatan jasa sewa komputer disertai dengan akses Internet. Bisnis ini mulai berkembang pada tahun 1999-an dan mulai booming pada tahun 2000-an. Tentu saja bisnis warnet mengalami perkembangan dan perubahan layanan yang harus diberikan kepada konsumen. Layanan akses Internet sekarang bukan yang utama lagi, namun masih banyak layanan berbasis Internet yang dapat menghasilkan uang dalam jumlah tidak sedikit. Perkembangan layanan Internet antara lain adanya copy data dari Internet ke dalam CD/DVD, download data, pelatihan komputer, dan masih banyak lainnya.

Isi

Dalam menjalankan usaha ini, Anda harus memiliki keahlian dan pengetahuan dasar tentang bisnis tersebut. Ada pun beberapa pengetahuan dasar atau keahlian yang harus dimiliki oleh pemilik warnet yaitu:

1. Keahlian atau pengetahuan dasar tentang Internet terutama tentang jaringan Internet. Apabila Anda belum memiliki keahlian atau pengetahuan dasar tentang Internet namun ingin mendirikan usaha warnet, maka Anda bisa mempelajarinya. Materi tentang bisnis warnet bisa diperoleh dari berbagai buku yang terdapat di toko-toko buku.
2. Keahlian berikutnya adalah mampu mengatur dan mengorganisasi karyawan. Anda harus bisa menempatkan karyawan sesuai dengan bidang yang dimiliki.
3. Keahlian yang tak kalah penting yaitu mampu menganalisa peluang dan prospek warnet yang akan didirikan. Tentu Anda menyadari kalau tanpa ada perencanaan dan analisa tentang bisnis warnet maka Anda bisa melakukan berbagai kesalahan fatal yang dapat mengakibatkan kerugian. Kesalahan tersebut antara lain adalah sebagai berikut: salah menganalisa segmen dan potensi pasar yang dimiliki di dalam suatu wilayah yang mengakibatkan warnet sepi pengunjung dan pada akhirnya warnet menjadi rugi.
4. Keahlian personal, maksudnya saat menjalankan bisnis warnet, Anda harus memberikan contoh kepada karyawan bagaimana cara dan usaha dalam menarik simpati pelanggan sehingga bisa menjadi pelanggan setia di warnet Anda. Keahlian personal yang wajib dimiliki pemilik maupun pengelola warnet yaitu: murah senyum, sabar, rajin, ramah, tekun dan teliti dalam melayani tamu.
5. Memiliki pengetahuan dasar tentang komputer, hal ini penting untuk dimiliki pengusaha di bidang ini. Kenapa dibutuhkan? Walaupun Anda memiliki karyawan atau teknisi komputer yang handal, tentu pengetahuan komputer juga harus dimiliki untuk menghindari terjadinya penipuan atau kecurangan yang dilakukan pegawai Anda.
Namun semua keahlian diatas tidak mutlak harus dimiliki oleh pemilik warnet tetapi sebisa mungkin pemilik warnet harus mau berusaha untuk belajar, setidaknya mengerti tentang seluk beluk komputer dan Internet, karena keahlian atau pengetahuan yang harus dimiliki tersebut dapat Anda cari atau percayakan kepada karyawan Anda.
Jumlah karyawan juga mesti diperhatikan dan sangat ditentukan oleh beberapa hal yaitu diantaranya:

1. Waktu operasional warnet. Apabila warnet memiliki waktu operasional 24 jam non stop maka jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk menjaga warnet adalah 4 orang sebagai operator warnet.
2. Jika waktu operasional tidak 24 jam, maka jumlah karyawan bisa dilakukan oleh 2-3 orang.
3. Teknisi, tentu saja ini tergantung dari besar kecilnya usaha warnet yang dimiliki. Apabila jumlah komputer yang dipakai sangat banyak, sebaiknya Anda memiliki seorang teknisi namun apabila jumlah komputer yang dimiliki kurang dari 8 buah ada baiknya mencari operator warnet yang mengerti tentang trobleshooting CPU dan jaringan.
Potensi pasar yang dimiliki oleh setiap warnet tentu berbeda, tinggal bagaimana cara Anda untuk menggali potensi pasar yang ada. Potensi pasar yang dimiliki dalam bisnis warnet adalah sangat tidak terbatas dan ini sejalan dengan adanya peningkatan kebutuhan dan penggunaan Internet di dalam masyarakat. Segmen dari pengguna warnet sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu sebelum mendirikan sebuah warnet dan jangan Anda membuat warnet dengan mengandalkan kekuatan investasi tapi menghiraukan potensi pasar yang ada.
Lingkungan tempat warnet didirikan akan menentukan tingkat keberhasilan bisnis warnet dilihat dari sisi segmentasi konsumen dan potensi pasar yang dimilikinya. Sebagai contoh, Anda dapat mendirikan warnet di dekat lingkungan sekolah atau kampus yang tentu relatif memiliki prospek ke depan yang baik. Dengan segmentasi konsumen dari kalangan pelajar maupun mahasiswa maka Anda harus menyiasatinya dengan cara membuat warnet sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin sehingga potensi pasar yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal. Berbeda apabila Anda ingin membangun di tengah perumahan, tentu cara menyiasati bisnis ini juga berbeda tergantung dengan jenis dan karakteristik tiap segmentasi pelanggan yang telah ada di lapangan.
Teknik marketing dan promosi juga bisa menjadi penentu apakah warnet Anda dapat bertahan dan berkembang dalam persaingan bisnis warnet. Ada pun teknik marketing dan promosi yang harus dilakukan supaya menarik minat pengguna Internet adalah:

1. Program happy hour perlu dilakukan secara rutin sehingga mampu menarik calon konsumen. Program happy hour adalah program promosi dimana warnet memberikan diskon pada jam-jam tertentu. Happy hour biasanya diberikan oleh warnet-warnet yang buka 24 jam. Pukul 24:00 atau tengah malam hingga jam 5 pagi merupakan waktu happy hour pada umumnya.
2. Adakan promosi member get benefit, pengguna warnet diberi kemudahan dalam menentukan biaya akses Internet mereka. Salah satu jalan untuk meningkatkan loyalitas pengguna Internet, yaitu dengan cara memberikan kesempatan pengguna Internet sebagai member warnet Anda.
3. Buat brosur sederhana tentang fitur dan manfaat dari warnet Anda. Brosur bisa ditempelkan pada papan pengumuman atau pun tempat-tempat strategis lainnya. Anda juga bisa menitipkan brosur di lobi-lobi hotel di dekat warnet.
4. Promosi dan marketing terbaik selalu berasal dari mulut ke mulut, maksudnya adalah pelanggan Anda adalah marketing terbaik Anda. Berikan pelayanan yang prima kepada pelanggan Anda dan mereka akan melakukan promosi tentang warnet Anda tanpa perlu diminta.
Adapun beberapa hal yang perlu diketahui dalam persiapan pendirian warnet adalah:


1. Segeralah mengurus HO atau surat izin usaha guna menghindari adanya masalah dari aspek legalitas usaha Anda.
2. Komputer yang dipakai dalam warnet sebaiknya menggunakan berbagai macam aplikasi dan software open source sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dengan adanya sweeping dari pihak vendor dan polisi.
3. Kalau pertimbangan Anda adalah konsumen belum terbiasa menggunakan Linux, maka Anda bisa menggunakan sistem operasi Windows dengan konsekuensi Anda membayar linsensinya. Tetapi tenangsaja sekarang Anda bisa bergabung dengan asosiasi pemilik warnet dengan menggunakan simbol Warnet Legos, dimana Anda bisa menggunakan sistem operasi Windows dengan harga yang terjangkau tentunya dengan syarat dan prasyarat tertentu.
4. Pergunakanlah Billing di dalam warnet Anda. Pemakaian software billing asli dapat mempermudah Anda untuk mengontrol pendapatan di warnet tanpa dicurangi oleh karyawan Anda.
5. Cek komputer Anda secara berkala, terutama dari sisi anti virus. Update anti virus secara rutin dapat membantu bisnis Anda menjadi lancar.
6. Pilih komputer dan beli dengan spesifikasi yang cukup. Warnet tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi yang tinggi.
7. Router, sebaiknya Anda pilih yang terdapat fasilitas hotspot dengan sistem pengaturan keamanan. Maksudnya adalah penggunaan hotspot dapat dikontrol oleh Anda, sehingga warnet Anda tidak dirugikan dengan adanya kebocoran jaringan hotspot.
8. Provider Internet sebaiknya pilih yang unlimited used sehingga tidak ada batasan penggunaan akses Internet maupun kuota pemakaian akses Internet.
9. Pertimbangan provider Internet apakah menggunakan satelit, dial up ataukah tower. Setiap jenis koneksi selalu memiliki kelemahan dan kekurangan, jadi Anda harus teliti dalam menentukan provider.
Berikut ini adalah tips-tips atau hal-hal yang perlu diketahui tentang cara mengelola warnet agar dapat menghasilkan keuntungan yang besar:

1. Langkah pertama adalah pemilihan lokasi pendirian warnet, pilihlah lokasi yang memiliki potensi pasar cukup besar seperti dekat dengan gedung-gedung sekolah, kampus atau perkantoran.
2. Pastikan Anda menyediakan bilik ruangan khusus perokok dan non perokok. Para netter perempuan sangat menyukai ruangan yang bebas dari asap rokok sehingga mereka selalu memilih warnet yang menyediakan fasilitas ruangan bebas merokok.
3. Pada bisnis warnet sebaiknya mempergunakan komputer berspesifikasi PC multimedia. Pelanggan tentu saja mengharapkan adanya komputer berspesifikasi multimedia karena aktivitas yang dilakukan user bukan sekedar browsing saja melainkan sudah merambah ke bidang multimedia seperti memutar film, download game dan pekerjaan berbagai editing gambar maupun video.
4. Layanan dan fasilitas yang harus disediakan oleh warnet untuk menambah penghasilannya adalah printer, scanner, makanan, minuman ringan dan CD/DVD kosong.
5. Dengan tingkat mobilitas yang sangat tinggi khususnya dari kalangan netter muda yang menyukai download berbagai file dan video, tentu mereka mengharapkan kemudahan dalam proses transfer data. Untuk itu, perlu disediakan berbagai fasilitas penunjang untuk transfer data, seperti tersedianya floppy disk, USB, CD/DVD-ROM, kabel data maupun card reader.
6. Warnet Anda akan serasa lebih lengkap dan memuaskan pelanggan apabila aktivitas jejaring sosialnya dapat mereka lakukan dengan sempurna dengan adanya fasilitas webcam, headset dan microphone.
7. Usahakan warnet yang Anda miliki mempekerjakan operator yang mengerti tentang proses pengolahan data dan analisa data sehingga warnet yang Anda miliki dapat menghasilkan income yang lebih.
8. Demi kenyamanan dari pengunjung warnet, pastikan terdapat pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik di dalam ruang bilik. Ruangan ber-AC dan memiliki lampu yang cukup terang adalah sumber kenyamanan pelanggan Anda.
9. Pelanggan adalah raja. Pastikan motto tersebut dipahami oleh karyawan –karyawan Anda dengan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pelayanan yang bisa diberikan kepada pelanggan adalah seperti memberi bantuan kepada pelanggan saat mereka membutuhkannya, tawaran kepada mereka fasilitas apa yang dibutuhkan dan usahakan selalu tersenyum walaupun menghadapi pelanggan yang sangat rewel.
10. Berikan kenyamanan dan keamanan saat user berada di warnet. Demi kenyamanan pelanggan, Anda bisa menyediakan toilet serta usahakan penyediaan tempat parkir yang mudah diawasi oleh operator sehingga memberikan rasa aman kepada pelanggan.

Penutup

Bisnis warnet memang gampang-gampang susah untuk dilakukan, namun apabila Anda sudah mengetahui seluk-beluk tentang bisnis warnet maka Anda dapat dengan mudah menjalankannya. Berarti dalam hal ini, Anda harus menguasai pengetahuan dasar mengenai komputer dan jaringannya, lalu Anda harus siap bersaing ketat dilingkungan yang dijadikan potensi pasar seperti lingkup gedung sekolah, kampus, kantor, dll. Selain itu Anda juga harus membuat teknik marketing semenarik mungkin supaya menarik perhatian pelanggan Anda. Upayakan juga untuk membuat sarana dan fasilitas yang nyaman untuk pelanggan supaya pelanggan Anda betah dan menjadi pelanggan tetap di warnet milik Anda tersebut. Sebaiknya berikan juga fasilitas penunjang yang lebih lengkap supaya pelanggan tidak merasa kerepotan di warnet Anda.




Propellerads