28 Mar 2015

Filled Under:

Software Pengukur Kecepatan (Speed) Internet di PC

Kecepatan (speed) internet sangat penting bagi nettizen. Saya sering membuat motto "koneksi menentukan prestasi", kalau internet lama loadingnya tentu mempengaruhi dalam berkomunikasi, Koneksi yang cepat dibutuhkan untuk akses internet yang lancar, sehingga banyak kerjaan yang membutuhkan koneksi internet seperti transaksi online, video conference, dan lain sebagainya akan hemat waktu dan mudah dilakukan. Untuk mengetahui kecepatan (speed) koneksi internet, anda bisa menggunakan software ataupun tes speed secara online dengan ookla, telin, dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini saya tidak akan membahas tes speed dengan secara online akan tetapi speed yang anda pakai sekarang. Kalau secara online itu tes speed max untuk upload dan download, sedangkan dengan menggunakan software itu untuk melihat speed secara berkala ketika online. Seringkali orang menggunakan IDM sebagai acuan untuk mengukur kecepatan, akan tetapi itu hanya bersifat sementara ketika download selesai ya sudah anda tidak bisa mengamati kecepatan koneksi internet anda lagi. Software yang akan digunakan pada kali ini adalah Net Speed Monitor, dengan software ini anda akan tahu berapa kecepatan ketika melakukan download dengan ketika browsing biasa. Ketika selesai diinstall software ini akan berbentuk toolbars yang terletak pada taskbar. Net Speed Monitor bisa diinstall pada windows Xp, Windows Server 2003, Windows Vista, atau Windows 7. Untuk menginstall pada Windows tersebut bisa dilakukan seperti menginstall software biasa, sedangkan untuk menginstall pada Windows 8 ada cara tersendiri. Pengguna SSH juga sering menggunakan software ini untuk mengukur kecepatan.


Pada pembahasan ini saya akan berikan tutorial untuk menginstall Net Speed Monitor pada Windows 8. Sebelumnya anda bisa mendownload software Net Speed Monitor dibawah ini :

Net Speed Monitor x86
Net Speed Monitor x64

Berikut tutorial install Net Speed Monitor pada Windows 8 :


Klik kanan software Net Speed Monitor - Troubleshoot compatibility ;


Tunggu system melakukan detecting issues;
Setelah itu klik "Test the program..." dan bagian ini jangan di close sampai proses instalasi selesai;


Setelah itu akan muncul instalasi program "Net Speed Monitor";


Klik "Next"dan lakukan instalasi program seperti biasa;
Setelah "Finish" baru boleh close jendela "Test the program...";
"Do you want the NetSpeedMonitor toolbar on your taskbar?" Klik "yes";
Untuk melakukan setting, klik kanan pada toolbar Net Speed Monitor pada taskbar - configuration;


Pada network interface pilih koneksi yang digunakan (Apakah menggunakan Wifi, Modem, LAN, atau DialUp);


pada Bitrate pilih satuan yang menjadi acuan anda (biasanya kB/s) - OK;
Selesai;

Semoga bermanfaat...!!!




Propellerads